Pengembangan E-Learning berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII

Mikha Bimantara Warsito, Djuniadi Djuniadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan kepraktisan media schoology dan materi matematika yang ada dalam schoology pada mata pelajaran Matematika kelas VII di SMP Pelita Harapan Bangsa Tegal. Penelitian ini menggunakan metode research and development model ADDIE. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel di ambil dari peserta didik kelas VII. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket benama LORI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media e-learning berbasis web dan internet bernama schoology layak digunakan dan materi yang terkandung didalamnya dapat dimplementasikan kepada peserta didik. Dari hasil penelitian ini, disarankan untuk menggunakan media e-learning schoology untuk membantu pembelajaran pada mata pelajaran Matematika kelas VII di SMP Pelita Harapan Bangsa Tegal.

 

Kata kunci: Schoology; Mata Pelajaran Matematika; Media; E-learning; Pengembangan; R&D.

 


References


Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network Schoology dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, Vol. No.21 , 99-105.

BEYER, C. J., & DAVIS, E. A. (2012). Developing Preservice Elementary Teachers’ Pedagogical Design Capacity for Reform-Based Curriculum Design. Curriculum Inquiry , 386-413.

Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia. Bandung: Penerbit Kaifa.

Huitt, W. G. (2013). Curriculum for global citizenship. International Schools Journal , 76-81.

Ramadhani, M. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Informaika, UNY.

Santyasa, I. W. (2013). Pengaruh Model E-learning Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil

Belajar KKPI Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Vol.3 .

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesa.

Wahono, R. S. (2003). Pengantar E-learning dan Pengembangannya. Portal www.ilmukomputer.com .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.