Penerapan Prinsip Gestalt Dalam Desain Visual Untuk Meningkatkan Memori Dan Pemahaman Pesan

fikri shofin mubarok

Abstract


Gejala hiper realitas akibat gegap gempita transformasi kecepatan dan kebebasan teknologi komunikasi menyebabkan publik hanya menuntut hal-hal yang miskin nilai-nilai kemanusiaan. Di antara tandanya di era digital ini disesaki dengan banyaknya desain visual yang absurd dan terotomasi dengan bantuan teknologi. Meskipun secara visual proporsinya bagus namun desain demikian tidak berangkat untuk menyajikan pesan pada nilai-nilai kehidupan nyata, sehingga sulit dipahami, juga banyak desain visual justru membingungkan dan bahkan menyebarkan propaganda dan hoaks di tengah publik. Hal demikian tentunya oleh sebagian desainer dianggap melenceng dari pemaknaan desain visual yang baik, dan selama ini dipahami dengan orientasi pada tampilannya menarik namun tetap mengandung pesan, informasi maupun komunikasi yang yang bisa dipahami secara mudah oleh publik. Dari persoalan tersebut, penulis mencoba mengkaji penerapan prinsip Gestalt dalam desain visual agar bisa meningkatkan memori dan pemahaman pesan bagi publik. Teori Gestalt yang pertamakali dicetuskan oleh Max Wertheimer berangkat dari sudut pandang psikologi dalam upaya memahami bagaimana manusia mengorganisir dan mempersepsi informasi secara utuh bukan sepotong-sepotong. Penelitian ini dijalankan dengan metode kualitatif deskriptif yang akan meneropong bagaimana Prinsip Gestalt mampu menjembatani adanya desain visual yang apik, utuh, efektif dalam meningkatkan memori serta pemahaman pesan pada publik terhadap suatu produk.

Keywords


Desain Visual, Prinsip Gestalt, Peningkatan Memori, Pemahaman Pesan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi umum. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RIneka Cipta.

Atkinson, Rita L. et al. 1996. Introduction to Psychology 11th (Terj. Pengantar Psikologi Edisi Kesebelas). Batam: Interaksara.

Buzan, Tony. 1996. Master Your Memory. London : BBC Press

Cole, Nussbaumer Knaflic.2015. Storytelling with Data: a Data Visualization Guide for Business Professionals. Hoboken: John Wiley and Sons

Danton, Sihombing. 2004. Konsep Desain Grafis dalam Desain Publikasi. Jurnal Cakram Komunikasi, Vol 1.2 Mei 2004, h. 50

Darley, John M. et al. 1986. Psychology 3rd edtion. New Jersey: Prentice-Hall.

Duarte, Nancy. 2010. Resonate: Present Visual Stories that Transform Audiences. Hoboken: John Wiley and Sons

Lexy J. Maleong, 2002. Metologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung

Ni’mah, Nilnan. 2016. Dakwah Komunikasi Visual. Islamic Communication Journal. Vol. 1 No. 1 – Mei-Oktober 2016. P. 104-120

Nugroho J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Pambudi, Beni. 2023. Gestalt dalam Desain Grafis. Diakses pada 15 Juli 2023. Available at: https://medium.com/tlabcircle/gestalt-dalam-desain-a07aad78790b

Rakhmat, Jalaludin. 2000. Psikologi komunikasi. Bandung: Remadja Rosda Karya

Redaksi Kompas.id. 2023. Hak Cipta dan Kebebasan Berkarya di AI. Diunduh pada 13 Juli 2023. Alamat website: https://www.kompas.id/baca/foto/2023/03/04/hak-cipta-dan-kebebasan-berkarya-di-ai

Redaksi Hypeabis.id. 2022. Kantor Hak CIpta AS Tolak Karya Seni dari Mesin AI. Diakses pada 13 Juli 2023. Available at: https://hypeabis.id/read/10883/kantor-hak-cipta-as-tolak-hak-cipta-karya-seni-dari-mesin-ai

Redaksi Sah.co.id. 2022. Pembuat Gambar AI Berpotensi Tinggi Melanggar Hak Cipta. Diakses pada 13 Juli 2023. Available at: https://sah.co.id/blog/pembuat-gambar-ai-berpotensi-tinggi-melanggar-hak-cipta/

Redaksi Kompas.com. 2021. Waspada Dampak Negatif Digitalisasi Hilangnya Nilai Kemanusiaan Hingga Maraknya Penyebaran Hoaks. Diakses pada 13 Juli 2023. Alamat website: https://biz.kompas.com/read/2021/12/09/223044728/waspada-dampak-negatif-digitalisasi-hilangnya-nilai-kemanusiaan-hingga-maraknya

Ricardo, Erry. 2021. Prinsip Gestalt yang Dapat Anda Gunakan untuk Memudahkan Audiens Anda dalam Memperoses Visualisasi Data. Diakses pada 14 Juli 2023. Available at: https://erry-ricardo.com/2021/08/30/6-prinsip-gestalt-yang-dapat-anda-gunakan-untuk-memudahkan-audiens-anda-dalam-memproses-visualisasi-data/#.YSwtno4zY2x

Rosidah, Ani. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas Nomor 2 Volume 2. P. 121-126

Rogow S.M., Hass J., & Humphries C. 1984. Learning to look: Cognitive aspects of visual attention. Canadian Journal of Optometry, 46, 31–34

Sarlito Wirawan Sarwono. 1986. Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang.

Sunarya, Abbas & Anisah, Lisa. 2018. Desain Komunikasi Visual sebagai Media Informasi pada Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta. Jurnal CeritaVol 4 No 1 – Februari 2018. P. 76-85.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta

Tanudjaja, Bing Bedjo.2005. Aplikasi Prinsip Gestalt Pada Media Desain Komunikasi Visual. NIRMANA Vol. 7, No. 1, Januari 2005: 56 – 66

Tufte, Edward R. 1983. The Visual Display of Quantitative Information. Cheshire, CT: Graphics Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v11i2.33002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â