KAPITALISME, BUDAYA DUNIA, INTERNASIONALISASI BAHASA DAN NILAI-NILAI ISLAM PADA TAYANGAN PERIKLANAN ANAK DI MEDIA TELEVISI DALAM PERSPEKTIF BIDANG KREATIF INDUSTRI PERIKLANAN

Dian Marhaeni Kurdaningsih

Abstract


Penelitian ini bersifat lanjutan dari kajian sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti dalam mengkritisi media. Kajian tentang wacana kapitalis dalam iklan anak, internasionalisasi bahasa periklanan anak, iklan anak dan etika media, iklan makanan dan minuman ditinjau dari perspektif kearifan lokal,  menghasilkan simpulan bahwa telah terjadi praktek kapitalis, internasionalisasi bahasa, pengunaan budaya dunia, dan pelanggaran etika  dalam karya kreatif   iklan. Disisi lain Periset kali ini  lebih fokus mengungkap  pandangan departemen kreatif periklanan sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap karya naskah iklan. Bagaimana insan departemen kreatif memahami isu-isu ideologi dunia dan pengaruhnya terhadap karya iklan. Penggalian data dilakukan secara  wawancara mendalam dengan prosedur penelitian kualitatif deskriptif model Milles dan Habermen. Penentuan informan dilaksanakan secara purposive sesuai dengan tujuan penelitian. Kualitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber penelitian, dimana prosedur ini menuntut peneliti untuk mericek data penelitian yang sudah terkumpul. Trianggulasi juga dilakukan secara teori, dimana setiap statemen didukung oleh teori yang kualified. Analisis penelitian didukung oleh teori jurnalistik yang mempengaruhi isi media dan etika media. Al Quran Al Karim dimana  Nilai-nilai Islam  tentang etika media dicantumkan secara detail. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa faktor internal berupa sumber daya insani sangat mempengaruhi isi dan kualitas karya insan departemen kreatif periklanan. Faktor ideologi, agama, pendidikan, kreatifitas berpengaruh dalam menuangkan monsep iklan.  Saran penelitian, penting melakukan  pemahaman pendidikan, ajaran agama, kreatifitas yang bertanggung jawab agar karya ideal insan kreatif tidak jatuh mengikuti ambisi kapitalis.

Kata kunci: Kapitalisme iklan, internasionalisasi bahasa, nilai-nilai  Islam, Iklan Anak.


Keywords


Kapitalisme iklan, internasionalisasi bahasa, nilai-nilai Islam, Iklan Anak.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.6.2.159-172

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Makna visitor statistics Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna is published by Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Jl. Raya Kaligawe Km.4 Semarang 50112 Telp. (924) 36583524 ekst. 448