Konvergensi Media: Studi pada LPP RRI Madiun di Era Digital

Resti Amalia Sari, Eli Purwati, Niken Lestarini

Abstract


Facing the digital era creates new challenges as well as the demands of conventional media to carry out media convergence to maintain its existence. This descriptive qualitative research study with data testing using triangulation techniques aims to determine the steps that have been taken by LPP RRI Madiun and Human Resources in implementing media convergence. The results show that the steps taken by RRI in media transformation are by launching a website, and presenting various applications that can be enjoyed via mobile phones, using YouTube channels and zoom meetings as new media in the broadcasting process, and utilizing social media in the process of promoting programs and interactions. with audiences. Human Resources at RRI Madiun has carried out training and training efforts to adapt skills and abilities to the times and current technology.

Menghadapi era digital menjadikan tantangan baru serta menjadi tuntutan media konvensional untuk melakukan konvergensi media agar tetap terjaga eksistensinya. Studi penelitian kualitatif deskriptif dengan pengujian data menggunakan teknik triangulasi ini bertujuan untuk mengetahui langkah yang telah dilakukan LPP RRI Madiun serta Sumber Daya Manusia dalam melaksanakan konvergensi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah yang diambil RRI dalam transformasi media yaitu dengan meluncurkan website, dan menyajikan berbagai aplikasi yang dapat dinikmati melalui handphone, menggunakan youtube channel dan zoom metting sebagai media baru dalam proses penyiaran, serta memanfaatkan sosial media dalam proses mempromosikan program acara dan interaksi dengan khalayak. Sumber Daya Manusia yang ada di RRI Madiun telah melaksanakan berbagai upaya pelatihan dan juga diklat untuk menyesuaikan skill dan juga kemampuan oleh perkembangan zaman dan juga teknologi saat ini.

Keywords


konvergensi; media baru; radio; digital

Full Text:

PDF

References


Asy’ari, N. A. S., & Luthfi, M. (2018). Analisis Penerapan Konvergensi Media Pada Usaha Penyiaran Radio Di Ponorogo. Perspektif Komunikasi, 1(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/3892

Morissan, A. (2013). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.

Stephen Quinn, V. F. (2005). Convergent Journalism an introduction. Focal Press publications.

Dyah Fitria Kartika Sari, A. . (2017). Proses Produksi Iklan Radio di LPP Radio Republik Indonesia Palu. KANAL (JURNAL ILMU KOMUNIKASI), 67-78.

Trinoviana, A. (2017). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audiens dan Iklan. Jurnal komunikasi, 12, 35-49.

Maharani, D. (2021). Strategi Rri (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digitalisasi Penyiaran Strategy of Rri (Radio Republik Indonesia) Palembang Maintaining Listener Interest in the Era of Broadcasting Digitalization. 4(1).

K.Lathifah, I.Ismandianto (2021). Konvergensi Radio dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital dan Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi.4(1)

Z. Achmad(2019). Integritas Program Dakwah dan Budaya: Studi Etnografi Virtual Mediamorfosis Radio Nada FM Sumenep Madura.Jurnal Komunikasi Islam.9(2)

B. APJII (2020). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 74 (1)

D. Sari, A. Herman,S. Kaddi (2017). Proses Produksi Iklan Radio di LPP Radio Republik Indonesia Palu. KANAL :Jurnal Ilmu Komunikasi. 6(1) 65




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v11i1.22699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â