BARBIE SEBAGAI IKON GAYA HIDUP WANITA MODERN

Kheyene Molekandella Boer

Abstract


Barbie sebagai ikon budaya konsumerisme yang telah mendunia hingga mampu menjamah konsumen dewasa. Barbie kini tak identik bagi kalangan anak anak dibawah umur yang menjadikan boneka sebagai hiburan dan mediator berkomunikasi dengan imajinasi yang dimiliki anak anak pada umumnya, tetapi barbie dapat memberikan makna rasa kecantikan yang sesungguhnya bagi kaum wanita dewasa. Barbie sebagai piranti yang menggerakan dan mengendalikan komponen komponen pikiran manusia dengan menjajali pemaknaan dunia sesuai tujuan dan standart yang mereka miliki. Fantasi nilai kecantikan tertinggi bagi perempuan menjadikan barbie sebagai kiblat bagi hampir semua perempuan dunia. Barbie adalah ikon rasisme, seksisme, konsumerisme dan materialisme merupakan produk kapitalisme dunia barat yang mengajarkan ideologi kemanusiaan yang salah.

Kata kunci: Barbie, Feminis, Rasisme, Pop Culture


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.2.2.125-131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â