Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal

Nur Azizah, Putri Shafira Carolina, Mochamad Rifqi Alfaizi

Abstract


Budaya hidup yang mengandalkan peralatan digital untuk mencapai produktivitas kinerja menjadi salah satu dampak positif. Namun, hal itu berpengaruh negatif jika  menimbulkan gaya hidup hedonisme dan pemenuhan kebutuhan karena prestige dan cepatnya informasi yang didapat. Hal ini menjadi bahasan serius bagi masyarakat dan pemerintah dalam perkembangan produk lokal khususnya pariwisata dan produk daerah yang  berada dalam kondisi darurat dikarenakan banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu, sangat diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar minat beli masyarakat pada produk lokal meningkat. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh perilaku konsumen, promosi media sosial, Green Marketing terhadap minat masyarakat dalam mengkonsumsi produk lokal, (2) pengaruh strategi marketing terhadap minat beli masyarakat, (3) strategi komunikasi pemasaran yang tepat, dampak positif, serta hambatan penerapannya untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan produk lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner yang disebarkan melalui google forms. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis komparatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perilaku konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli produk lokal, (2) promosi media sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli produk lokal, (3) green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk lokal, (4) perilaku konsumen, promosi media sosial, dan green marketing secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk lokal oleh masyarakat Indonesia. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa green marketing adalah strategi komunikasi pemasaran yang sangat tepat digunakan untuk meningkatkan minat beli produk lokal.

Kata Kunci : green marketing, produk lokal, minat beli, perilaku konsumen, promosi media sosial


Keywords


green marketing, produk lokal, minat beli, perilaku konsumen, promosi media sosial

Full Text:

PDF

References


Achmadi, C. N. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Agustin, R.D, Kumadji, S., Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 22, 1-10.

Arli, D., Tan, L. P., Tjiptono, F., & Yang, L. (2018). Exploring consumers’ purchase intention towards green products in an emerging market: The role of consumers’ perceived readiness. International journal of consumer studies, 42(4), 389-401.

Badan Pusat Statistik. (2019). Buletin Statistik Perdagangan Luar Negeri Impor Mei 2019 Jakarta, DKI : Penulis. Diakses dari https:/www.bps.go.id/publication/2019/08/06/ 157bd9c8ab1c700ef64cc98d/buletin-statistik-perdagangan-luar-negeri-impor-mei-2019.html.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Implementasi untuk UMKM, 179-189.

Engel, J. F. (1973). Blackwell, consumer behavior. New York: Blackwell.

Gani, J. (2014). Pengaruh hambatan komunikasi terhadap kinerja karyawan hotel midtown surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 02, 1-10.

Imon, W., Tumbel, A., & Mandagie, Y. (2018). Analisis faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan pada strategi pemasaran toko sepatu payless cabang megamall. Jurnal EMBA, 06, 1308 -1317.

Kasali, R. (2005). Sembilan Fenomena Bisnis. Management Student Society. Jakarta : FEUI Official Site.

Kotler, P. D. (2008). Corporate social responsibility: Doing the most good for your company and your cause. John Wiley & Sons.

Lestari, R. (2015). Sales promotion sebagai strategi komunikasi pemasaran mobil low cost green car daihatsu ayla pada pt. Astra internasional tbk cabang ciledugkota tangerang. Jurnal Ilmu Komunikasi, 03, 83-107.

Maden, C. A. (2012). Linking corporate social responsibility to corporate reputation: a study on understanding behavioral consequences. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 655-664.

Osiyo, A. K. (2018). Pengaruh green marketing terhadap green brand image dan purchase intention pelanggan pada starbucks coffee malang. Jurnal Strategi Pemasaran, 1-9.

Pancoro, I.A. & Zuliestiana, D. (2018). Pengaruh green marketing terhadap minat beli pada gerai starbucks di kota bandung. E-Proceeding Of Management, 05, 1886-1893.

Syahputra, I. (2013). Perspektif & Teori Komunikasi. Yogyakarta: Galuh Patria.

Septifani, R., Achmadi, F., & Santoso, I. (2014). Pengaruh green marketing, pengetahuan dan minat membeli terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, 13, 201-218.

Setiawan, E. (2014). Analisa Sikap Konsumen Terhadap Produk Fashion Lokal dan Impor. Jurnal Economia, 10, 38-47.

Siswanto (2017). Mencintai produk dalam negeri Sebagai Manifestasi Bela Negara di Era Global. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara, 07, 85-105.

Sri Rahayu (2017). Strategi pemasaran hijau sebagai upaya meningkatan keunggulan bersaing. Jurnal Buletin Ekonomi, 2, 155-303.

Swastha, B. &. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Triana, D. (2017). Analisis Pengaruh Green Marketing dan Store Atmosphere terhadap Emotional Response dan Dampaknya pada Impulse Buying.

Wisana, K.N.P. (2018). Pengaruh green marketing terhadap sikap konsumen dan minat beli ulang di green hotel di indonesia , 197-203




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v8i2.11263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â