STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI FORUM KOMIK BANDUNG DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

Fauziah Dila Noviana

Abstract


Industri Komik merupakan bagian dari perkembangan industri kreatif di Indonesia. Kemunculan acara-acara komik lokal semakin sering dilakukan seperti yang di lakukan di Kota Bandung melalui event Pasar Komik Bandung (PAKOBAN). Diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar dapat dibangun brand awareness yang tinggi dari customer maupun target pasar event tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh penyelenggara event pasar komik bandung dalam membangun brand awareness. Metode peelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi ke lapangan dan wawancara semi terstruktur. Pendekatan penelitian ini dibangun dengan model bauran komunikasi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggara event pasar komik bandung memilih tiga bauran pemasaran yang paling efektif dalam membangun brand awareness dari customer dan masyarakat yaitu Periklanan, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, Pemasaran Online dan Media Sosial. Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak penyelenggara event Pasar Komik Bandung (PAKOBAN) telah berhasil membangun brand awareness dari masyarakat terhadap event tersebut.


Keywords


Strategi; Komunikasi; Pemasaran; Brand Awareness; Customer

Full Text:

PDF

References


Cutlip, S. M., & Center, A. H. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Prenada Media.

Djuarsa, S. S. (2007). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Durianto, D. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan. Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gegemania. (2016). Latar Belakang Pasar Komik Bandung. Retrieved May 28, 2020, from https://laikdis.net/ website: https://laikdis.net/sejarah-pasar-komik-bandung/

Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Handayani, D., Andrizal, Darmaja, A., Nasution, R. F., & Ridwansyah, A. (2010). Brand Operation. Jakarta: ESENSI.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15th ed.). USA: Pearson Education, Inc.

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu: Yogyakarta.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisied). Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Nur, A., & Firdaus, M. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Batik Gonggong “Lawana†Tanjungpinang dalam Membangun Brand Awareness. JOM FISIP, 5(1).

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2008). Manajemen Strategis- Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Pujileksono, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Tjahyono, N. (2014). Strategi Marketing Communications Grand City Mall Surabaya Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Event Earth Hour 2013. Jurnal E-Komunikasi, 2(1).

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v8i2.10655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â