METODE KOMPREHENSIF DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

Mustopa Halmar

Abstract


Pemerintah telah membuat Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Tujuan kebijakan nasional tersebut adalah untuk: “membina dan mengembangkan karakter warga negara sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berjiwa persatuan Indonesia, berjiwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia†(Pemerintah RI, 2010: 4). Inti dari tujuan tersebut adalah membina dan mengembangkan warga Negara menjadi masyarakat yang pancasilais. Ruang lingkupnya meliputi: keluarga, satuan pendidikan, pemerintahan, masyarakat sipil, masyarakat politik, dunia usaha dan industri, dan media masa. Dalam hal ini, satuan pendidikan, terutama pendidikan formal sangat sentral posisi dan perannya. Karena itu sekolah harus menyediakan lingkungan yang kondusif yang memudahkan terjadinya perubahan perilaku ke arah pembentukan karakter yang baik. Melalui upaya pembelajaran yang terintegrasi, baik intra kurikuler maupun ekstra kurikuler dan penerapan metode atau strategi yang komprehensif, pelaksanaan pendidikan karakter akan berjalan efektif dan efisien. Istilah komprehensif yang digunakan dalam pendidikan karakter menurut Kirschenbaum (dalam Zuchdi, 2011: 6) mencakup berbagai aspek; isi (materi) dan metodenya harus komprehensif, pendidikan karakter terjadi dalam keseluruhan proses pendidikan, dan pendidikan karakter  hendaknya terjadi melalui kehidupan dalam masyarakat. Furqon Hidayatullah (2010: 23) mengatakan idealnya pebentukan atau pendidikan karakter diintegrasikan ke seluruh aspek kehidupan sekolah. Karena itu, pemahaman dan kesadaran dari seluruh warga sekolah tentang pentingnya pendidikan karakter harus diupayakan, terutama guru yang memiliki peran dan fungsi secara langsung berdekatan dengan peserta didik.  

Kata Kunci: Pendidikan Karakter dan Metode Komprehensif

Refbacks

  • There are currently no refbacks.