PENTINGNYA MOTIVASI DAN PERSEPSI PIMPINAN TERHADAP PERILAKU PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA

Irni Setyawati, Emi Sutrisminah

Abstract


Dalam kondisi pembangunan ke arah industrialiasasi dimana persaingan pasar semakin ketat, masih banyak dijumpai wanita pekerja belum mendapatkan hak menyusui. Keberhasilan menyusui di tempat kerja sangat dipengaruhi oleh lingkungan kerja yang diciptakan oleh perusahaan.

Pimpinan yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam mempertimbangkan pemberian biaya yang tinggi saat penerimaan dan pemberian training pada karyawan, pimpinan akan berkeinginan untuk melakukan negosiasi kepada ibu bekerja yang akan menyusui. Pimpinan perusahaan yang mempunyai pengalaman tentang ASI eksklusif akan mempertimbangkan kebutuhan dan harapan ibu bekerja di perusahaannya.  Kebutuhan dan harapan pimpinan terhadap produktivitas dan kualitas ibu bekerja sangat besar karena mempengaruhi hasil dan biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Faktor lingkungan yang sangat mempengaruhi perilaku menyusui pada ibu bekerja berasal dari pimpinan perusahaan yang mempunyai kekuasaan untuk membuat kebijakan dan menyediakan fasilitas menyusui selama bekerja.

 

Kata kunci : motivasi pimpinan, persepsi pimpinan, ibu bekerja, ASI eksklusif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.