Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Bidan tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan Praktik Inisiasi Menyusu Dini di Puskesmas Kota Semarang

Khiyarotun Niswah, Noveri Aisyaroh

Abstract


 Berdasarkan data Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007 menyebutkan Angka Kematian Bayi (AKB) masih sangat tinggi yaitu 35 tiap 1.000 kelahiran hidup. Salah satu program terkini dalam proses pelaksanaan percepatan penurunan AKB adalah program Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Karen Edmond tahun 2006, 22 % kematian bayi baru dapat dicegah bila bayi disusui oleh ibunya dalam satu jam pertama kelahiran. Pencapaian 6 bulan ASI eksklusif bergantung pada keberhasilan inisiasi menyusu dini dalam satu jam pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap bidan tentang praktik IMD di Puskesmas Kota Semarang.

       Jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah 45 responden. Uji hubungan antar variabel dalam penelitian ini menggunakan uji Korelasi Spearman.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar bidan berumur 20-40 tahun sebanyak 31 orang (69%), bidan telah tamat Diploma III sebanyak 31 bidan (69%), bidan bekerja lebih dari 5 tahun di Puskesmas yang bersangkutan sebanyak 32 orang (71%), bidan mempunyai pengetahuan baik mengenai IMD sebanyak 29 bidan (64%) sebanyak 28 bidan (62%) mempunyai sikap positif atau mendukung terhadap IMD, dan melaksanakan IMD dengan baik sebanyak 34 bidan (76%). Dari Korelasi Spearman diperoleh Pvalue 0,483 > 0,05 jadi tidak ada hubungan antara pengetahuan bidan tentang IMD dengan praktik IMD dan diperoleh Pvalue 0,079 > 0,05 jadi tidak ada hubungan antara sikap bidan tentang IMD dengan praktik IMD.

       Dari hasil penelitian tersebut disarankan dapat meningkatkan pengetahuan tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan mempertahankan melakukan pendidikan kesehatan pada masyarakat serta diharapkan bidan dengan pendidikan Diploma I dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi sesuai standar pemerintah yaitu Diploma III Kebidanan.

Kata Kunci: pengetahuan, sikap, praktik, Inisiasi Menyusu Dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.