STRATEGI CITY BRANDING DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Alika Fathinnah, Agus Rochani, Mila Karmilah

Abstract


Daerah di Indonesia berlomba buat memperkenalkan sektor pariwisata wilayah masing-masing. Persaingan antar wilayah tadi akhirnya mendorong setiap wilayah melakukan upaya pemasaran pariwisata atau dikenal dengan City branding, merupakan proses atau bisnis menciptakan merk berdasarkan suatu kota buat mempermudah pemilik kota tadi memperkenalkan kotanya pada sasaran pasar (investor, tourist, talent, event) menggunakan memakai kalimat positioning, slogan, icon, perunjukan & banyak sekali media lainnya.Indonesia banyak memiliki potensi dalam sektor pariwisata, Akan tetapi banyak yang masih belum mengetahui atau mengenal city branding. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas city branding dan strategi city branding dalam menarik wisatawan. Metode penelitian yang penulis digunakan yaitu literature review. Kesimpulannya bahwa pemasaran citra (Image marketing) berpengaruh terhadap strategi city branding suatu kota.


Full Text:

Full Paper

References


Aisa, M. (2018). Analisis City Branding Kota Medan Terhadap Pertumbuhan Pariwisata.

Ali, B. S. (2016). Strategi Pengembangan Fasilitas Guna Meningkatkan Daya Tarik Minat Wisatawan Di Darajat Pass (Waterpark) Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu, (10), 9–30.

Arwanto, C. P. V., Nugraha, B. S., & Widiyarta, A. (2020). Strategi City Branding Kota Surabaya Sparkling Surabaya dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Perspektif, 9(2), 322–328. https://doi.org/10.31289/perspektif.v9i2.3646

Astuti, W. P., & Kusumawati, A. (2018). Upaya Pemasaran Pariwisata Ponorogo Melalui City Branding dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ( Studi Kasus pada City Branding Kabupaten Ponorogo dengan Tagline “ Ethnic Art of Java †). Jurnal Administrasi Binis, 55(1), 48–58. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2240/2638

Christopher Hamzah, G. (2018). Masih Efektifkah City Branding Terhadap Peningkatan Jumlah Wisatawan. Akubis: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(02), 20–33. https://doi.org/10.37832/akubis.v3i02.44

Dhari, R. W. (2020). Analisis Dampak City Branding†Amazing Blitar†Terhadap Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Blitar (Studi pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan …. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/184703/

Diana, D. M. (2017). Analisis City Branding “Depok A Friendly City †Dalam Rangka Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Kota Depok (Studi Pada Bappeda Dan Dinas Pemuda Olahraga , Pariwisata , Seni Dan Budaya Kota Depok). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 49(54), 11–20.

Dzulqornain, S., Brawijaya, U., Administrasi, F. I., Ilmu, J., Bisnis, A., & Pariwisata, P. S. (2020). PENGARUH CITY BRANDING “ SPARKLING SURABAYA †TERHADAP CITY IMAGE SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE KOTA SURABAYA.

Fillat, M. T. (2018). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 3(November).

Intyaswono, S., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Peran Strategi City Branding Kota Batu dalam Trend Peningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Jurnal Administrasi Bisnis, 30(1), 65–73. Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A

Isnaeni, Ana Pertiwi, And Iriantom, A. and A. (2012). Poltekkes Kemenkes Yogyakarta | 9. Jurnal Kesehatan, 6(6), 9–33. Retrieved from http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1134/4/4. Chapter 2.pdf

Keifer, G., & Effenberger, F. (1967). 済無No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Maulana, M. S. R. (2017). No TitleÉ?________ __ __ __________ ___ _ __ __ _______ _____ ___ _ __ ____ _. In Ekp (Vol. 13).

Maylanny, C., & Fauzan, S. F. (2015). City Branding Kota Bandung melalui Bus Bandros. Jurnal Komunikator, Vol.7 No.(1), 88–92. Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3350

Mufli, M., & Kusumawati, A. (2018). Analisis Relevansi City Branding “ Beautiful Malang †melalui Pendekatan City Brand Index dan City Brand Personality. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(4), 61–70.

Ramadhan, A. H., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jkr.v2i1.20367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.