GAMBARAN KASUS GIGI IMPAKSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN PENDERITA GIGI IMPAKSI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Deta Salsabila Faridha, Erdianto Setya Wardhana, Erna Dwi Agustin

Abstract


Gigi impaksi merupakan pertumbuhan gigi yang tidak normal karena terhalang oleh gigi sebelah sehingga tumbuh tidak sesuai lengkung rahang. Tingginya jumlah penyakit pada lingkungan masyarakat masih sering ditemukan, diakibatkan rendahnya pengetahuan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kasus gigi impaksi dan gambaran tingkat pengetahuan pasien penderita gigi impaksi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif melibatkan 54 subjek pasien penderita gigi impaksi yang sudah tertera data rekam medis dan tingkat pengetahuan berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada pasien penderita gigi impaksi.
Penelitian yang didapatkan adanya gambaran kasus gigi impaksi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang pada gigi molar tiga mencapai 135 gigi impaksi (94,6%) dan gigi molar dua mencapai 3 gigi impaksi (5,6%). Hasil tingkat pengetahuan pasien penderita gigi impaksi untuk tingkatan rendah mencapai 6 orang (11,1%), tingkatan sedang mencapai 40 orang (74,1%) dan tingkatan tinggi mencapai 8 orang (14,8%).
Penelitian ini adalah gigi impaksi paling banyak terjadi pada gigi molar tiga. Tingkat pengetahuan pasien gigi impaksi tergolong dalam tingkat sedang.
Kata kunci : Gigi impaksi, Kesehatan gigi dan mulut, Tingkat pengetahuan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.