Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Covid-19 Dengan Perilaku Pencegahan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Studi Analitik Observasional Pada Siswa Sd Global Inbrya School Tegal

Hening Ciptiany Pertiwy, Ratnawati Ratnawati, Dian Ayu Listiarin

Abstract


Abstrak
COVID-19 merupakan penyakit menular yang menjadi pandemi diseluruh negara.
Di Indonesia khususnya Kota Tegal, dilaporkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota
Tegal bahwa kasus positif COVID-19 pada anak usia sekolah selama pandemi
mengalami peningkatan. Peningkatan angka COVID-19 pada siswa SD salah
satunya berkaitan dengan tingkat pengetahuan tentang COVID-19, sebab tingkat
pengetahuan berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam berfikir dan
bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan
tentang COVID-19 dengan perilaku pencegahan infeksi COVID-19 pada siswa
Sekolah Dasar di Global Inbrya School Tegal. Penelitian analitik observasional ini
menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan
menggunakan teknik total sampling pada 87 responden. Kriteria inklusi adalah
responden merupakan siswa kelas IV, V dan VI SD, bersedia menjadi responden
penelitian, dapat mengakses kuesioner melalui google form dan kriteria eksklusi
tidak mengisi kuesioner secara lengkap. Analisa data menggunakan uji fisher exact
test dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis didapatkan sebanyak 85 (97,7%)
responden memiliki tingkat pengetahuan tentang COVID-19 tinggi . Sebanyak 72
(84,7%) responden memiliki perilaku yang baik terhadap pencegahan infeksi
COVID-19. Hasil pengujian statistik dengan uji fisher exact test didapatkan p =
0.028 ; OR = 1.154(CI = 0.946-1.407). Hasil penelitian bahwa adanya hubungan
yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan infeksi
COVID-19 tetapi pengetahuan bukan faktor risiko yang mempengaruhi perilaku
pencegahan infeksi COVID-19.
Kata Kunci: Pengetahuan, Perilaku, COVID-19.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.