Efektivitas Peer Education Program Tentang Breast Self Examination terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Deteksi Dini Kanker Payudara Di SMPN 1 Karanganyar Demak

Indah Rahma Ningrum, Hernandia Distinarista, Tutik Rahayu, Apriliani Yuliyanti Rahayu

Abstract


Abstrak
Peer education program merupakan kegiatan pendidikan kesehatan dalam deteksi dini kanker payudara. Kasus kanker payudara semakin meningkat disebabkan oleh pemahaman yang kurang tentang breast self examination, sehingga mempengaruhi kesehatan fisik dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peer education program tentang breast self examination terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri. Metode yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 remaja putri melalui stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner diberikan dua kali pada subjek yaitu sebelum dan sesudah intervensi breast self examination.
Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang breast self examination. Peer education program dapat digunakan sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang breast self examination dalam deteksi dini kanker payudara.
Kata Kunci: Breast self examination, peer education program, pengetahuan, sikap.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.