KOMBINASI TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN SURAT AR-RAHMAN DAN WARNA HIJAU DAPAT MENURUNKAN NYERI PADA PASIEN KANKER SERVIKS

Eva Virgo Liani, Apriliani Yulianti W, Tutik Rahayu, Hernandia Distinarista

Abstract


Kanker serviks adalah penyakit keganasan di Indonesia yang paling banyak menyerang wanita usia produktif sekitar usia 30 sampai 50 tahun yang beresiko tinggi terkena kanker serviks, dimana pada usia tersebut adalah puncaknya usia produktif wanita sehingga akan menimbulkan gangguan kualitas secara fisik, kejiwaan dan kesehatan seksual. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan komperatif kategorik berpasangan dengan rancangan pre test, intervensi, post test. Sampel yang digunakan, yaitu pasien kanker serviks sebanyak 34 responden dan diperoleh melalui consecutive sampling. Data yang didapat dari pengisian kuesioner sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Hasil dari penelitian dengan 34 responden pada sebelum dan sesudah diberikannya intervensi dengan nilai p value 0,000 (<0,05) berarti terdapat perbedaan pre-test dan post-test pada tingkat nyeri kanker serviks sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Adanya pengaruh kombinasi terapi murottal al-qur’an surat ar-rahman dan warna hijau dalam menurunkan nyeri pada pasien kanker serviks.


Full Text:

PDF

References


Arum, S. P. (2015). Stop Kanker Serviks. Yogyakarta: Notebook.

Cancer, C. (2017). Cervical Cancer. Indonesian: Media Libraries.

Darmayanti, Hapisah, & Kirana, R. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kanker Leher Rahim Di RSUD Ulin Banjarmasin. Jurnal Kesehatan, 6(2).

Depkes, R. (2013). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Dizon, D., & Krychman, L. M. (2011). 100 Tanya Jawab Mengenai Kanker Serviks. Jakarta: Indeks.

Harini, N. (2013). Terapi Warna untuk Mengurangi Kecemasan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 291-303.

Hawker, G. A., Mian, S., Kendzerska, T., & Frech, M. (2011). Measures of Adult Pain. American College of Rheumatology, 240-252.

Lisnadiyanti. (2019). Hubungan Karakteristik Pasien Kanker Serviks Terhadap Dukungan Sosial Pada Pasien Dengan Kanker Serviks Di Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Jurnal Stikes Sitihajar, 32-36.

Misgiyanto, & Susilawati, D. (2014). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Penderita Kanker Serviks Paliatif. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Mottaghi, ME, Esmaili, R, & Rohani, Z. (2011). Effect of Quran Recitation on the Level of Anxiety in Athletics. Quran and Medicine, 1-4.

Ramadani, L., Hidayat, N., & Fauzia, D. (2017). Gambaran Penggunaan Analgetik pada Pasien Rawatan Intensif di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Periode Januari-Desember 2015. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau, 4 (2).

Raphael, J. e. (2010). Cancer Pain: Part 1: Pathophysiology; Oncological, Pharmacological, and Psychological Treatmens: APerspective from the British Pain Society Endorsed by theUK Association of Palliative Medicine and the Royal College of General Practitioners. Journal of Pain Medicine Wiley Periodicals, 11:742-764.

Reber, S. A., & Emil, S. R. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riskani, R. (2016). Kenali Kanker Serviks Sejak Dini. Yogyakarta: Rapha Publisher.

Salim, S. A. (2012). Ensiklopedi Pengobatan Islam. Solo: Pustaka Arafah.

Sari, G. N., Nurjasmi, Aticeh, Hartaty, D., & Ichwan, E. Y. (2018). Efektivitas VCT dan terapi Warna Dalam Penerapan Tingkat Kecemasan dan Pengambilan Keputusan. Jurnal Ilmiah Bidan, 3(2).

Savitri, A. (2015). Kupas Tuntas Kanker Payudara, Leher Rahim dan Rahim. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistiya, D. P., Pramono, D., & Nurdiati, D. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kanker Serviks Di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Yogyakarta: Berita Kedokteran Masyarakat.

Widaryati. (2011). Pengaruh Terapi Murotal Al Quran terhadap Hemodinamik dan GCS Pasien Cedera Kepala. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 77-83.

Yastati, S. C. (2010). Evaluasi Penggunaan Obat Anti Nyeri Pada Pasien Kanker Serviks Rawat Inap di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta Periode Januari-Juli Tahun 2009. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.