Hubungan Antara Minat Dengan Motivasi Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Melanjutkan Profesi Ners Di Unissula Semarang

Tri Lestari, Retno Issroviatiningrum, Muh. Abdurrouf, Dyah Wiji Puspita Sari

Abstract


Abstrak
Keperawatan sebagai profesi dituntut untuk memiliki kemampuan interpersonal, intelektual, serta kemampuan moral dan tehnis yang dapat ditempuh melalui program profesi ners. Program profesi keperawatan merupakan program pendidikan lanjut untuk mempersiapkan mahasiswa keperawatan memiliki keahlian secara khusus dan tidak semua mahasiswa keperawatan mengikuti program profesi keperawatan yang disebabkan karena ingin segera bekerja, faktor biaya dan motivasi dari dalam diri seseorang untuk melanjutkan profesi Ners.Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional.Teknik pengumpulan data menggunakan total sampling didapatkan responden sejumlah 117. uji spearment rank.Rata-rata Minat responden di Fakultas Ilmu Keperawatan Semester VII yaitukategori tinggi sebanyak 95,85%.Rata-rata Motivasi responden di Fakultas Ilmu Keperawatan Semester VII yaitu 90,99% masuk dalam rentang mempunyai motivasi cukup.
Kata Kunci:Hubungan Antara Minat Dengan Motivasi Dalam Melanjutkan Profesi Ners.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A, Aziz, Hidayat. (2011). Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

A.M. Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Afin Murtie, 2012. Menciptakan SDM Berkuwalitas, . PT. Gelora AksaraPratama. Jakarta

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

B. Siswanto Sastrohadiwiryo. 2002. Manajemen Tenaga Kerja IndonesiaPendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

B. Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:BumiAksana

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta:PT Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu. 2012. “Manajemen Sumber Daya manusiaâ€. Jakarta: PT BumiAksara.

Joko, Heri Purnomo. 2011. Minat Belajar dan Ciri-cirinya, (Online), dalamhttp://herijoko2010.blogspot.com/2011/11/1.html (diakses 27Februari 2013).

Kiemer, K., Groschner, A., & Pehmer, A.-K. (2015). Effects of a Classroom DiscourseIntervention on Teachers' Practice and Students' Motivation To LearnMathematics and Science. Learning and Instruction , 94-103.

Klassen, S., & Klassen, C. F. (2014). The Role of Interest in Learning Science ThroughStories. Interchange , 1-19.

Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. 2014. “Academic AchievementPrediction : Role of Interest in Learning and Attitude towards Schoolâ€.International Journal of Humanities Social Science and Education(IJHSSE), 1(11), 73–100.

Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.