ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA USBN MATEMATIKA SD TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN 2018/2019

Santi Eka Aprilliani, Imam Kusmaryono, Dyana Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui seberapa besar persentase soal tipe HOTS pada setiap butir soal USBN SD tahun pelajaran 2017/2018 dan 2018/2019, serta mengetahui peningkatan frekuensinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain analisis isi dan dokumen. Dokumen yang dianalisis berupa soal USBN SD matematika tahun pelajaran 2017/2018 dan 2018/2019. Teknik pengurnpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Hasil soal USBN SD tahun pelajaran 2017/2018 mengandung unsur HOTS C4 (Menganalisis) sebanyak 7 butir soal atau persentase 20 %, kriteria C5 (Mengevaluasi) sebanyak 3 butir soal atau 8,57 %. Sedangkan soal USBN SD pada tahun pelajaran 2018/2019 yang mengandung unsur HOTS C4 (Menganalisis) terdapat 16 butir soal atau 45,71 %, kriteria C5 (Mengevaluasi) sebanyak 2 butir soaldengan persentase sebesar 5,71 %, sedangkan pada kriteria C6 (Mencipta) hanya terdapat 1 soal yang memenuhi dan besar persentase 2,85 %. Hasil analisis pada uraian diatas dapat diketahui bahwa jumlah soal USBN SD mata pelajaran matematika pada tahun 2017/2018 yang memenuhi tipe HOTS sebanyak 10 soal, sedangkan pada tahun 2018/2019 yang memenuhi tipe HOTS sebanyak 19 soal. Artinya frekuensi soal tipe HOTS pada tahun 2018/2019 mengalami peningkatan unsur HOTS tahun 2017/2018 sebanyak 9 soal atau 25,71%.
Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills, USBN SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.