Manajemen Administratif Guru

Armia Nur Harisa, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh, Moh Farhan

Abstract


Pendidikan merupakan jalan strategis untuk membangun peradaban bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya diperlukan interaksi positif antara sekolah, guru dan peserta didik. Namun, faktanya banyak di sekolah konvensional seorang guru menjadikan peserta didik sebagai celengan yang selalu dijejali materi, dimana guru lebih aktif dan mendominasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, MTs Negeri 1 Semarang membuat manajemen administratif sekolah dan dalam pembelajaran, khususnya pada Pendidikan Agama Islam agar antara sekolah, guru, dan siswa saling mendominasi, teratur melaksanakan apa yang telah direncanakan dan sesuai pada manajemen tersebut. Penelitian ini difokuskan pada manajemen administrasi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Semarang. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui manajemen administratif sekolah dan manajemen administratif guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen administratif guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs negeri 1 Semarang sudah berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya semua komponen manajemen yaitu meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, evaluasi. Berdasarkan hasil temuan, disarankan kepada seluruh stakeholders sekolah untuk saling bekerjasama mengawal dan mengarahkan potensi peserta didik.
Kata Kunci: Manajemen administratif, guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.