Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Umi Lailatul Wafiroh, Muhtar Arifin, Hidayatus Sholihah

Abstract


Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam mewujudkan akhlak mulia siswa dan juga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena seorang guru memiliki tanggung jawab dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam salah satunya bisa ditingkatkan melalui peningkatan motivasi belajar. Karena didalam proses belajar motivasi belajar memegang peranan yang sangat penting. Motivasi merupakan suatu dorongan kegiatan belajar agar tercapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti adalah upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelaas VIII di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelaas VIII di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data sekaligus informasi adalah guru PAI dan pihak-pihak yang terkait bila diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah dilaksanakan dengan baik yaitu dengan pembuatan RPP, pemberian feedback, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, antusias dalam belajar, pemberian hukuman, pemberian kompetisi. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi belajar ada dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik (3) Motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah semarang sudah bagus, terbukti dengan antusias siswa dan minat belajar yang dimiliki siswa sudah tinggi.
Kata kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.