HUBUNGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MAN 2 KOTA SEMARANG

Nanang Kurniawan, Sarjuni Sarjuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji hubungan pembelajaran aqidah akhlak dengan kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Kota Semarang dengan menggunakan jenis kuantitatif dengan sampel sebanyak 36. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, yaitu
penelitian yang menggunakan data yang dinyatakan dengan skor angka, atau dengan kata lain data verbal dikuantifikan kedalam skor angka berdasarkan operasionalnya melalui angket dari
subjek penelitian, observasi secara langsung dilapangan, wawancara dengan yang bersangkutan, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran aqidah akhlak
dan siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan: 1) Kualitas Pembelajaran Aqidah Akhlak siswa di MAN 2 Kota Semarang, 2) Kualitas Kecerdasan Spiritual Siswa di MAN 2 Kota Semarang, 3) Hubungan Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Kecerdasan Spiritual Siswa di
MAN 2 Kota Semarang. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hubungan pembelajaran aqidah akhlak dengan kecerdasan spiritual siswa bersifat positif, artinya semakin tinggi kualitas dan kuantitas/ intensitas pembelajaran akidah akhlak maka akan dibarengi dengan
semakin tinggi pula kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Kota Semarang dengan memperhatikan harga koefisiaen korelasi sebesar 0,402.
Kata Kunci: Hubungan, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Kecerdasan Spiritual.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.