IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN PAI

Lailatul Qomariyah, Ali Bowo Tjahjono, Toha Makhsun

Abstract


Metode pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar. Sehingga keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode pembelajaran yang efektif. Berhasilnya kegiatan pembelajaran dibuktikan dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selain itu dibutuhkan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga peserta didik bisa berinteraksi dengan aktif dan dapat memahami materi yang disampaikan
sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk menentukan peningkatan dan aktivitas peserta didik terhadap penerapan metode pembelajarn Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD Islam Hasanuddin 4 Semarang yang bertitik pusat pada keterampilan dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan kendala pada waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung dalam meningkatkan pemahaman peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran NHT cukup efektif dalam kegiatan pembelajaran di kelas V SD Islam Hasanuddin 4 Semarang.
Kata Kunci: Implementasi, Metode Pembelajaran NHT, Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.