HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK TUNAS HARAPAN PATI

Sentika Puasanti, Luh Putu Shanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa SMK Tunas Harapan Pati. Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan variabel bebas yaitu intensitas penggunaan gadget. Penelitian dilakukan pada 196 siswa kelas XI SMK Tunas Harapan Pati. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala motivasi belajar berjumlah 31 aitem dengan rentang daya beda 0,019-0,49 dan koefisien reliabilitas data 0,816. Skala intensitas peenggunaan gadget berjumlah 16 aitem dengan rentang daya beda 0,145-0,626 dengan koefisien reliabilitas data 0,827. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan negatif antara intensitas penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi rxy sebesar 0,336 dan Fhitung sebesar 24,660 dengan taraf signifikasi p=0,000 (pada p<0,05.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Intensitas Penggunaan Gadget

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.