PRINSIP PERSUASIF DALAM IKLAN KOMERSIAL SAMPO DI TELEVISI

Alifia Febriani Alawiyah Khotijah, Oktarina Puspita Wardani, Turahmat Turahmat

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang prinsip-prinsip persuasif yang terkandung dalam iklan sampo. Iklan komersial di televisi memiliki waktu durasi tayang yang singkat karena tayang di waktu jeda acara program televisi itu sendiri. Itulah yang menyebabkan produsen iklan diharus membuat sebuah iklan yang baik dari semua aspek dengan durasi iklan yang singkat. Selain itu produsen iklan tidak hanya bersaing dengan produsen iklan lainnya tetapi juga dengan produknya sendiri yang memiliki fungsi yang berbeda, seperti halnya sampo yang memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti anti ketombe, anti rontok, atau gabungan dari permasalahan rambut lainnya, dan lain-lain. Pemahaman bahasa dalam hal ini adalah sebuah hal yang penting untuk konsumen mengingat singkatnya durasi tayang iklan, maka penggunaan prinsip persuasif dalam wacana iklan yang tepat dapat mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif serta menggunakan metode simak bebas libat cakap untuk teknik pengumpulan datanya. Data dalam penelitian ini berupa video iklan sampo yang terunggah dalam akun resmi youtube produsen iklan sampo tersebut dalam kurun waktu Januari 2017 – Juni 2019. Prinsip-prinsip persuasif dalam wacana iklan komersial sampo di televisi edisi Januari 2017- Juni 2019 yaitu (a) prinsip otoritas berjumlah 16 data, (b) prinsip rasa suka berjumlah 14 data, (c) Prinsip Kelangkaan berjumlah 12 data, (d) prinsip konsistensi dan komitmen berjumlah 9 data, (e) prinsip bukti sosial berjumlah 7 data, dan (f) prinsip kontras berjumlah 2 data.
Kata kunci: Prinsip Persuasif, Iklan Komersial, Iklan Sampo.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.