Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Andi Setiawan, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Malalui pendidikan manusia dapat meningkatkan harkat dan martabatnya. Perencanaan pembalajaran merupakan hasil dari proses berpikir, artinya suatu proses pembelajaran disusun tidak asal-asalan tetapi disusun dengan mempertimbangkan segala aspek yang mungkin dapat berpengaruh, disamping disusun dengan mempertimbangkan segala sumber daya yang tersedia yang dapat mendukung terhadap keberhasilan pembelajaran. Metode dalam pembelajaran dapat menentukan keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Keberhasilan penggunaan metode dapat terjadi bila ada kesesuaian antara metode dengan semua komponen pengajaran yang telah diprogramkan dalam suatu pelajaran sebagai persiapan tertulis. Agar proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan maka seorang guru harus mengetahui model-model pembelajaran agar dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang cenderung tetap tanpa ada perubahan yang lebih beragam. Pemilihan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini diharapkan peserta didik dapat libih aktif karaena suasana yang terjadi akan cenderung aktif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan.
Kata Kunci: Kooperatif, STAD, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.