PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN BERDASARKAN JENIS POLA ASUH PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNISSULA

Rani Aisyah Ashari, Joko Kuncoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian berdasarkan jenis pola asuh orang tua pada mahasiswa psikologi Unissula. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa psikologi Unissula angkatan 2018, berjumlah 79 mahasiswa. 68 mahasiswa tergolong pola asuh demokratis, 6 subjek tergolong pada pola asuh otoriter, dan 5 subjek tergolong pola asuh permisif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik studi populasi. Metode pengambilan data menggunakan dua skala yaitu skala kemandirian dan pola asuh yang telah diuji reliabilitasnya. Skala kemandirian berjumlah 25 aitem dengan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,822. Skala pola asuh berjumlah 36 aitem dengan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,640. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik komparasi One Way Anova diperoleh nilai sebesar F = 1,211 dengan signifikasi = 0,304 (p>0,05) yang berati tidak ada perbedaan tingkat kemandirian yang signifikan berdasarkan pola asuh orang tua, yang berarti hipotesis dalam penelitian ini tidak diterima atau tidak terbukti. Pada Analisis Post Hoc didapatkan hasil pola asuh Demokratis dengan pola asuh Otoriter memiliki nilai signifikansi sebesar 0,324, pola asuh Otoriter dengan pola asuh Permisif angka signifikansi berjumlah 0,87, dan nilai signifikansi pola suh Demokratis dengan pola asuh Permsif sebesar 0,771. Artinya tidak ada perbedaan kemandirian pada anak dengan pola asuh demokratis terhadap anak dengan pola asuh otoriter, tidak ada perbedaan kemandirian pada anak dengan pola asuh otoriter terhadap anak dengan pola asuh permisif, tidak ada perbedaan kemandirian pada anak dengan pola asuh demokratis terhadap anak dengan pola asuh permisif pada mahasiswa psikologi Unissula.
Kata Kunci : kemandirian, pola asuh orang tua

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.