IMPLEMENTASI METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Muhammad Abdullah Sidiq, Sarjuni Sarjuni, Moh Farhan

Abstract


Di era globalisasi seperti ini dunia pendidikan sangat terganggu dengan semakin melemahnya tenaga pendidik, hal ini ditandai dengan proses pembelajaran di kelas dilakukan dengan sesuai kemampuan dan selera guru. Padahal pada kenyataanya kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran kecintaan mereka terhadap profesinya. Dalam dunia Pendidikan Islam guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar, mengapa tidak? Karena guru diberi amanat oleh seseorang untuk mendidik anak guna melaksankan pendidikan sebagaimana fungsinya. Pemberian amanat oleh masyarakat tidak hanya sebagai transfer of knowledge tetapi juga sebagai murobbi dan juga sebagai dinamisator masyarakat. Sebagai murobbi guru bertanggung jawab mengawasi dari berbagai sudut dimensi terhadap perkembangan kepribadian peserta didik, sedangkan sebagai dinamisator masyarakat guru bertanggung jawab terhadap masa depan peserta didik untuk menjadi lebih baik dengan cara memberikn pelayanan sebaik mungkin. Seiring dengan perkembangan zaman, guru dituntut untuk memahami metode yang akan digunakan dalam mengajar yang diharapkan dengan adanya metode pembelajaran akan lebih efektif dan dapat menarik perhatian peserta didik. Salah satu metode yang sering digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar adalah metode Inside Outside Circle (IOC). IOC adalah sebuah metode pembelajaran dengan sistem lingkaran kecil dan lingkaran besar dan telah ditentukan pasangan masing-masing untuk saling berbagi informasi apa yang telah dia baca sebelumnya dengan singkat dan teratur. Penjelasannya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian perkelompok diberi sub materi yang berbeda-beda kemudian di pelajari bebrapa menit, kemudian membentuk linkaran kecil dan besar yang saling berhadapan dan saling bertukar informasi.
Kata kunci: Implementasi, Metode, Inside Outside Circle (IOC)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.