HUBUNGAN ANTARA PERILAKU MENONTON TAYANGAN KEKERASAN DAN PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH PERMISIF DENGAN AGRESIVITAS PADA SISWA SD DI KOTA SEMARANG

Dewi Riskaya Astuti, Erni Agustina Setiowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku menonton tayangan kekerasan dan persepsi terhadap pola asuh permisif dengan agresivitas pada siswa sekolah dasar di kota semarang. Metode pengambilan yang digunakan adalah cluster random sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 124 siswa. Alat ukur yang digunakan yaitu angket perilaku menonton dengan reliabilitas sebesar 0,636, skala persepsi terhadap pola asuh permisif dengan reliabilitas sebesar 0,840 dan skala agresivitas dengan reliabilitas sebesar 0,797. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi 2 prediktor dan korelasi
parsial. Hasil uji hipotesis pertama diperoleh skor R = 0, 418 dan F = 12,799, taraf signifikansi 0,000 (p≤0,01) artinya ada hubungan yang signifikan antara perilaku menonton tayangan kekerasan dan persepsi pola asuh permisif terhadap agresivitas. Hasil uji hipotesis kedua, diperoleh rx1y = - 0,004 dengan taraf signifikansi 0,968 (p≤0,01) artinya tidak ada hubungan antara perilaku menonton terhadap agresivitas. Hasil uji hipotesis ketiga, diperoleh rx2y = 0,415 dengan taraf signifikansi 0,000 (p≤0,01) artinya ada hubungan antara persepsi pola asuh permisif terhadap agresivitas. perilaku menonton tayangan kekerasan dan persepsi pola asuh permisif menyumbang 17,5% dan 82,5 dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Perilaku menonton tayangan kekerasan, persepsi pola asuh permisif, agresivitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.