KESALAHAN STRUKTUR TEKS PADA TEKS ANEKDOT PESERTA DIDIK KELAS X TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 SMA NEGERI 6 SEMARANG

Fuji Millatul Azka, Meilan Arsanti, Turahmat Turahmat

Abstract


Pembelajaran tetang bahasa berhubungan dengan keterampilan menulis yang menarik untuk dikaji. Salah satu bidang yang manarik untuk dikaji adalah kesalahan struktur teks. Berdasarkan hasil observasi dari beberapa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menulis teks yang tidak sesuai dengan struktur teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan atau memberikan informasi mengenai kesalahan struktur teks pada teks anekdot peserta didik kelas X tahun pembelajaran 2019/2020 SMA Negeri 6 Semarang. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari 59 data teks anekdot menunjukkan 28 kesalahan strtuktur teks dalam penulisan teks anekdot peserta didik. Kesalahan meliputi abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Kesalahan paling banyak terdapat pada bagaian koda 15, kreasi 9, abstraksi 3, orientasi 1, dan terakhir reaksi yang tidak ada kesalahan. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan teks, terutama teks anekdot harus ditingkatkan.
Kata kunci: kesalahan, struktur teks, dan teks anekdot

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.