IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Muhammad Abdul Haq, Ali Bowo Tjahjono, Toha Makhsun

Abstract


Supervisi sebagai suatu kegiatan kepengawasan, yang memiliki tujuan untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan pendidikan di sekolah. Sasaran utama dalam kepemimpinan (kepegawaian) pendidikan adalah mengenai bagaimana seorang guru dalam kepemimpinannya dapat mengajar anak didiknya dengan baik, dalam usahanya untuk meningkatkan mutu pengajaran yaitu melaksanakan supervisi pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya, maka supervisi penting untuk dilaksanakan. Supervisi yang baik adalah yang dapat mengarahkan perhatiannya kepada dasar-dasar pendidikan dan cara-cara belajar serta perkembangannya dalam pencapaian tujuan umum
pendidikan, dimana tujuan supervisi adalah untuk memperkembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Usaha ke arah perbaikan belajar dan mengajar ditujukan kepada pencapaian tujuan akhir dari pendidikan yaitu pembentukan pribadi anak secara maksimal. Dalam rangka meningkatkan kualitas atau intregritas suatu sekolah , maka sekolah
tersebut haruslah baik dalam segala bidangnya salah satunya yakni bidang pembelajaran. Kepala sekolah memiliki andil yang penting dalam urusan pembelajaran yakni sebagai supervisor kepada guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru. Penulis melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif model miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Kata kunci: Implementasi, Supervisi, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.