PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENURUNAN HARGA, CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KUALITAS PELAYANAN DRIVER TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. GOJEK INDONESIA

Abdul Mukmin

Abstract


Latar belakang penelitian ini diawali pada akhir bulan April 2019, Gojek melakukan kebijakan dengan menurunkan tarif mereka. Akan tetapi, penurunan ini memberikan kerugian pada driver mereka. Menurunnya tarif Gojek mempertaruhkan citra dan kualitas pelayanan driver dimata
konsumen untuk tetap loyal kepada Gojek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi kebijakan penurunan harga, citra merek (brand image), kualitas pelayanan driver terhadap loyalitas konsumen pada PT Gojek Indonesia di Kota Semarang. Paradigma dalam penelittian ini adalah paradigma positivisme dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa variabel Implementasi Kebijakan Penurunan Harga, Citra Merek (Brand Image), dan Kulitas Pelayanan Driver simultan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Dari hasil uji F simultan didapatkan nilai F hitung 45,033 > F tabel 2,70, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis
diterima atau dengan kata lain Implementasi Kebijakan Penurunan Harga (X1), Citra Merek (Brand Image) (X2), dan Kualitas Pelayanan Driver (X3) secara simultan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y).
Kata Kunci: Implementasi, Citra Merek, Kualitas Driver dan Loyalitas Pelanggan, Gojek.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.