PENGARUH MODEL KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V SD AL HIKMAH SEMARANG

Septi Nurul Wahidah, Yunita Sari, Jupriyanto Jupriyanto

Abstract


Dalam pelajaran IPA ada konsep yang harus di terapkan dan tidak hanya membiarkan siswauntuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa memahami informasi tersebut. Kemampuan ini secara umum dan khususnya di SDN Al Hikmah masih belum rendah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar adalah model pembelajaran kontekstual yaitu model pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif yaitu eksperimen. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sejumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas VA dan 40 siswa KELAS VB. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD Al Hikmah. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari uji Liliefors pada taraf signifikasi 95% (α = 0,05) untuk n = 40 maka memenuhi kriteria Lhitung < Ltabel. Uji hipotesis berupa uji t (paired sample t-test) yang menunjukkan uji t pretest thitung = 0,51 dan posttest thitung = 6,39 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (df/db = 40 + 40 – 2= 78), maka diperoleh ttabel sebesar 1,99. Maka uji t pretest thitung < ttabel(0,51<1,99) adalah
menerima Ho dan menolak Ha dan uji t posttest thitung > ttabel (6,39>1,99) adalah menerima Ha dan menolak Ha. Hal ini, menyatakan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh terhadap pemahaman siswa pada konsep IPA.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Konsep IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.