Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqh Di MI Miftahul Ulum 02 Semarang

Anjabun Najib, Hidayatus Sholihah

Abstract


Tujuan dari peneliti yakni untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqh di MI Miftahul Ulum 02 Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rancangan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian field research. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sampai kelas VI MI Miftahul Ulum 02 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik stratifield random sampling. yaitu pengambilan sampel dari siswa kelas III s/d VI, adapun sampel yang penulis ambil adalah 30%, dengan demikian subyek yang akan penulis teliti berjumlah 40 siswa yang berasal dari kelas III s/d VI MI MI Miftahul Ulum 02 Tembalang Semarang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berfungsi untuk mengetahui data mengenai pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqh.
Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh antara pemberian reward dengan motivasi belajar siswa, hasil didapat dari nilai signifikansi kurang dari 0,05, nilai signifikansi 0,004 (2) Berdasarkan analisis uji kelinieran regresi sederhana menyatakan bahwa nilai Fhitung sebesar 4.530 dan Ftabel sebesar 2,20, dengan jumlah responden sebanyak 40 peserta didik. Dari perolehan hasil tersebut, menunjukkan adanya pengaruh positif antara kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik (3) , peserta didik memiliki pandangan yang baik tentang pemberian reward dengan jumlah presentase 47.50% dan mean atau rata – rata 60. Motivasi belajar peserta didik MI Miftahul Ulum 02 Semarang berdasarkan hasil observasi menunjukan kategori “Baikâ€. Berdasarkan dari hasil angket yang peneliti sebarkan kepada peserta didik dengan jumlah 40 orang, peserta didik memiliki pandangan yang baik tentang motivasi belajar peserta didik, dengan presentasi 40% dan mean atau rata – rata. Berkenaan dengan karya tulis ilmiah ini, peneliti menyadari bahwa masih
terdapat banyak kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, peneliti
mengharapkan kritik dan saran terkait pembahasan ini.
Kata Kunci: pengaruh. reward, motivasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.