Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Pai Terhadap Motivasi Belajar Pai Siswa Di Smp Negeri 43 Semarang

Nurrohmah Nurrohmah, Toha Makhshun

Abstract


Variasi gaya mengajar merupakan perubahan-perubahan yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar berupa perubahan suara dan tingkah laku untuk mengkondisikan kelas dengan baik. Variasi gaya mengajar guru dapat mendorong, mengarahkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Semakin baik variasi gaya mengajar guru, maka semakin baik motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana variasi gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam, bagaimana motivasi belajar PAI siswa, dan bagaimana pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 43 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Tempat untuk
melakukan penelitian ini adalah di SMP Negeri 43 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 43 Semarang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 213 siswa, dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “ada pengaruh positif variasi gaya mengajar guru PAI
terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 43 Semarangâ€. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 3,707 sedangkan nilai ttabel dengan df = 57 adalah 2,002 karena nilai thitung sebesar 3,707 > ttabel sebesar 2,002 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Saran dalam penelitian ini, para guru dapat melakukan variasi gaya mengajar untuk mengatasi kebosanan, memberikan semangat dan membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Kata Kunci : Gaya mengajar dan motivasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.