Pengaruh Warna Cangkir Terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Fitria Dian Kusumaningrum, Ratna Supradewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa minuman kopi pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Psikologi Unissula. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain counterbalancing. Subjek penelitian ini berjumlah 27 mahasiswa fakultas psikologi Unissula angkatan 2018 yang dibagi menjadi 3 kelompok eksperimen. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala persepsi cita rasa Kuesten (2004) yang telah dialihbahasakan ke dalam bahasa indonesia dengan reliabilitas sebesar 0,897. Format skala yang digunakan yakni berupa Skala Likert dari rentang 1 – 9. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna cangkir dapat berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi cita rasa minuman kopi dengan nilai F = 5,265 dan p = 0,007 (p < 0,01). Warna biru secara signifikan mempengaruhi persepsi cita rasa. Letak urutan perlakuan warna cangkir juga membuktikan adanya perbedaan yang signifikan terhadap persepsi cita rasa dengan nilai F = 4,237 dan p = 0,0018 (p < 0,05). Hal ini ditunjukkan pada letak urutan perlakuan pada pasangan kelompok I vs III dan pasangan kelompok III vs I. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa warna cangkir dapat mempengaruhi persepsi cita rasa minuman kopi pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Psikologi Unissula.
Kata kunci : Persepsi Cita Rasa, Warna, Kopi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.