PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA RODA PUTAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP KERJA SAMA SISWA KELAS IV SDN 2 NGAMPEL KULON

Vikha Eeliana, Yunita Sari, Andarini Permata Cahyaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah ada pengaruh belajar siswa di sdn 2 ngampel kulon, 2)mengetahui apakah ada perbedaan model numbered head together berbantu media roda putar terhadap sikap kerjasama siswa di sdn 2 ngampel kulon, 3) mengetahui apakah ada pengaruh model numbered head together berbantu media roda putar terhadap prestasi belajar dan sikap kerja sama di sdn 2 ngampel kulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Desaign. Bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design..Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-Test, uji Independen Sample T-Test dan uji Manova. Hasil penelitian berdasarkan uji Paired Sample T-Test menunjukan bahwa nilai rata-rata57.22 menjadi 76.39. Nilai sig. (2- tailed) menunjukkan nilai 0.000 untuk kelas eksperimen dan 0.003 kelas kontrol yang artinya nilai sig. < 0.05. maka Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Independen Sample T-Test menunjukkan rata-rata nilai angket kelas eksperimen sebesar 82.89 dan kelas kontrol 74.50.dengan memperoleh nilai sig.(2 tailed ) 0.000. Bedasarkan uji Manova diperoleh nilai sig menunjukkan variabel prestasi belajar yaitu 0.011 dan variabel kerjasama 0.000. Kedua variabel tersebut memiliki nilai sig yang lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikasi 0,05.
Kata Kunci : Pengaruh, Model Numbered Head Together, Media Roda Putar, Prestasi Belajar,
Sikap Kerjasama

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.