Hubungan Aktualitas Nilai Berita Dan Kualitas Konten Dengan Minat Masyarakat Menonton Berita NET. Jawa Tengah Di Instagram

Dimas Novian Randy Wibowo

Abstract


Media konvensional mulai mengalami transformasi digital dalam membagikan informasi salah satunya yaitu dengan menggunakan media sosial. NET. Jawa Tengah adalah perusahaan yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk berbagi informasi. Membagikan berita rutin dengan informasi yang terbatas dan tidak aktual, tetapi masih memiliki banyak penonton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktualitas nilai berita dan kualitas konten terhadap minat masyarakat menonton berita NET. Jawa Tengah di Instagram.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivisme, dengan teori kegunaan dan gratifikasi (Uses and Gratification Theory). Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan hasil berupa angka yang diolah menggunakan SPSS 21 dengan teknik pengujian uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi liniear sederhana, dan analisis regresi liniear berganda. Seluruh data penelitian disetiap variabel dalam penelitian ini sudah teruji valid dan reliabel dengan hipotesis yang dapat diterima.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terbukti ada hubungan aktualitas nilai berita dan kualitas konten terhadap minat menonton berita NET. Jawa Tengah di Instagram. Pengaruhnya sangat besar karena nilai f hitung 71,682 lebih besar dari f tabel 2,46 dengan selisih 69.222. Secara parsial dalam uji t, aktualitas nilai berita memiliki hubungan terhadap minat menonton karena t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu sebesar 10,258 dari nilai t tabel 1,664. Kualitas konten juga memiliki hubungan terhadap minat menonton karena t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu sebesar 10,068 dari nilai t tabel 1,664. Hal ini juga didukung dengan sig dari keduanya yang lebih kecil dari α yakni senilai 000. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah terbatasannya penelitian terdahulu yang membahas mengenai aktualitas nilai berita dan kualitas konten berita atau yang sejenis dengan variabel pada penelitian ini, sehingga informasi yang didapatkan kurang bisa dikembangkan dan diperdalam. Oleh karena itu, rekomendasi penelitian berikutnya adalah dengan memperbanyak referensi penelitian agar mendapatkan suatu model penelitian yang baik dengan didukung teori yang kuat untuk mendukung topik yang diteliti.

Kata kunci: Aktualitas Nilai Berita, Kualitas Konten, Minat Menonton


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.