Efektivitas Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Terhadap Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik

Raditia Intan Safitri, Sarjuni Sarjuni, Mohammad Farhan

Abstract


Selama ini Pendidikan Agama Islam hanya dianggap sebagai mata pelajaran pelengkap dan banyak orang yang menganggap Pendidikan Agama Islam tidak terlalu penting, padahal dengan adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam inilah peserta didik akan lebih mengetahui tentang agamanya dan memahami bagaimana kewajibannya sebagai seorang muslim. Dengan adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik juga diharapkan supaya lebih menghayati dan menghargai ajaran agama Islam. Hal ini menarik untuk dibahas, dengan judul “Efektivitas Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Terhadap Pembentukan Sikap Spiritual Peserta Didik di SMP Empu Tantular Semarang.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, mengetahui sikap spiritual dan mengetahui efektivitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik di SMP
Empu Tantular Semarang. Penelitian ini menggunakan metode field research atau penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang didapat dari SMP Empu Tantular Seamarang. Data yang diperoleh akan dianalisa dengan analisis uji hipotesis. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang positif signifikan terhadap pembentukan sikap spiritual peserta didik di SMP Empu Tantular Semarang.

Kata Kunci: PAI, Budi Pekerti, Sikap Spitual


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.