KESULITAN BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA MA IHYAUL ULUM WEDARIJAKSA, PATI

Juditha Erifka, Toha Makhshun

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengaruh Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa yang dilakukan di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Tujuan dari penelitian ini adalah, Untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar Fiqih di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa, Pati.Utuk mengetahui prestasi belajar Fiqih di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa, Pati. Untuk mengetahui adanya pengaruh kesulitan belajar terhadap prestasi belajar Fiqih di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa, Pati. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah Metode penelitian Kuantitatif (Field Research) Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati, dengan jumlah responden sebanyak 61 siswa. Data prestasi belajar siswa kelas XI MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati diperoleh dari pengumpulan
dokumentasi dan wawancara yang dilakukan pada Guru mata pelajaran yang bersangkutan. Data kesulitan belajar siswa kelas XI MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati diperoleh dari penyebaran angket yang dilakukan pada seluruh siswa kelas XI. Dari hasil analisis data penelitian
“Pengaruh Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa di MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa”, memiliki kesimpulan sebagai berikut:
Kesulitan belajar yang dihadapi siswa MA Ihyaul ulum Wedarijaksa, khususnya kelas XI berdasarkan hasil observasi menunjukan kategori “baik”. Baik yang dimaksud peneliti dalam hal ini ialah dalam hal positif. Berdasarkan hasil angket yang telah peneliti sebarkan kepada siswa dengan jumlah 61 orang, siswa memiliki tingkat kesulitan belajar yang masih dikategorikan wajar atau “Cukup”. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linear sederhana menyatakan bahwa nilai ttabel sebesar 2,001 dan thitung sebesar 3,044, dengan jumlah responden sebanyak 61 siswa. Dari perolehan hasil tersebut, menunjukkan adanya pengaruh antara
kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Ma hyaul Ulum Wedarijaksa, Pati. Sebagai akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran bahwa Guru diharapkan dapat memberikan dukungan dan motivasi-motivasi yang dapat membangun minat dan motivasi siswa serta
memberikan solusi-solusi agar siswa dapat mengatasi masalah kesulitan belajar yang telah mereka hadapi

Kata Kunci :Kesulitan,prestasi, belajar, pengaruh


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.