Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Di Kelas VIII Mts Hasyimiyah Bulu Tuban

Muh Arwani Suhud, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh, Moh Farhan

Abstract


Permasalahan dari penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqh materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban? dan Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan meningkatkan hasil belajar
siswa materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban? Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqh materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban dan untuk mengetahui penerapan
metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan meningkatkan hasil belajar siswa materi Sujud Syukur kelas VIII di MTs Hasyimiyah Bulu Tuban. Adapun manfaat penelitian ini adalah untuk mengembangkan khasanah pengetahuan di bidang pendidikan khususnya mengenai
pentingnya penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran dan meningkatkan pemahaman  belajar fiqh materi Sujud Syukur.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang ditempuh secara bertahap. Subjek dalam penelitian ini adalah siwa kelas VIII MTs Hasyimiyah Bulu Tuban. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil post test dari setiap
siklus yaitu siklus I (56,52%) dan siklus II (86,95%), juga tercapainya nilai siswa yang telah mencapai KKM.

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Fiqih Materi Sujud Syukur, Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.