Penerapan Media Photo Story Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Mlonggo Kabupaten Jepara

Dimas Zulfikar Faiz, Suyoto Suyoto, Ahmad Ripai

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi siswa kurang antusias serta memiliki kesempatan untuk berinovasi dalam pembelajaran utamanya teks prosedur. Dengan kondisi tersebut, perlu diupayakan penerapan media yang tepat untuk meningkatkan inovasi siswa, kreatifitas, ide, gagasan, dan antusiasme siswa. Media yang digunakan adalah media photo story Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penerapan media photo story dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Mlonggo Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media photo story dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Mlonggo Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian  ini  menggunakan  metode  pendekatan  kualitatif,  yang berupa deskripsi  narasi  bukan  angka-angka.  Metode  penelitian  kualitatif dangan pendekatan  deskriptif  yaitu  data  yang  bersifat  deskriptif  sehingga data  yang terkumpul  berbentuk  teks prosedur kompleks dengan kesesuaian isi, penggunaan struktur, penggunaan kaidah kebahasaan, ketepatan ejaan, dan tanda baca.  Teknik  nontes terdiri  atas  angket, dan observasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Mlonggo Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2018/2019 mwnggunakan media photo storypembelajaran  teks  prosedur  kompleks  siswa  diberi  tayangan  media  photo  story yaitu  gambar  yang  ditampilkan  saling  berurutan.  Dari  gambar  yang  ditampilkan tersebut siswa dapat menuliskan ke dalam sebuah teks prosedur kompleks, setelah selesai  kemudian  siswa  mempraktekkan  gerakan  seperti  yang telah  ditampilkan pada  media  photo  story. Hasilnya siswa lebih baik dalam menuangkan ide, gagasan, pikiran sehingga siswa semakin kreatif dalam menulis teks prosedur kompleks. Selain itu siswa juga merasa lebih termotivasi, bersemangat, dan senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Saran guru harus menyiapkan banyak topik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan siswa, agar pembelajaran lebih mudah dipahami. Untuk peneliti pada saat melakukan penelitian lebih baik sebelumnya mengamati kondisi siswa dan situasi kelas agar peneliti lebih menguasai kekuragan dan kelebihan siswa untuk mendukung jalannya kegiatan belajar mengajar di kelas.
 
Kata Kunci: Penerapan Media Photo story, menulis teks prosedur kompleks

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.