Hubungan Antara Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Tamara Sindy Pratama, Titin Suprihatin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan
regulasi emosi dengan stres akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran
Univerditas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan populasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum
angkatan 2018-2020. Adapun metode pengambilan sampel menggunakan
cluster random sampling dengan 589 mahasiswa dari total populasi sebanyak
195 sampel. Penelitian ini menggunakan tiga alat ukur yaitu Skala Stres
Akademik yang terdiri dari 32 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,938
dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,347 sampai 0,732. Skala
Efikasi Diri yang terdiri dari 35 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,896
dengan indeks daya beda aitem yang bergerak antara 0,317 sampai 0,534.
Dan Skala Regulasi Emosi yang terdiri dari 16 aitem dengan koefisien
reliabilitas 0,734 dengan indeks daya beda aitem yang bergerak antara 0,306
sampai 0,479. Analisis data menggunakan analisis regresi dan parsial. Hasil
uji hipotesis pertama menunjukkan koefisien R = 0,690 dan F = 87,219 dan
signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat
hubungan yang tergolong signifikan dari variabel efikasi diri dan regulasi
emosi mahasiswa Fakultas Kedokteran. Analisis hipotesis kedua dengan
koefisien rx1y = (-0,173) dan taraf signifikansi 0,016 (p<0,05) menunjukkan
terdapat hubungan negatif yang signifikan pada variabel efikasi diri terhadap
stres akademik. Analisis hipotesis ketiga menunjukkan koefisien rx2y= (-
0,443) dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa
terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan
stres akademik. Efikasi Diri dan Regulasi Emosi memberikan sumbangan
efektif sebesar 47,6% pada Stres Akademik sedangkan 52,4% disumbangkan
oleh faktor lain.
Kata Kunci : Stres Akademik, Efikasi Diri, Regulasi Emosi, Mahasiswa
Kedokteran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.