Peran Guru PAI dalam Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Cut Nya’ Dien Semarang

Irma Erviana Nuril Hidayah, Sarjuni Sarjuni

Abstract


Penelitian ini meneliti peran guru PAI dengan pembelajaran daring daring selama
pandemi COVID-19 di SMK Cut Nya’ Dien Semarang Tahun 2021. Penelitian ini
dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana peran guru PAI dalam
pembelajaran daring. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif atau penelitian lapangan. Dalam penelitian ini
peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan
sumber data primer dan sumber data sekunder, seperti sejarah berdirinya sekolah,
visi misi, data pembelajaran dilakukan secara daring yang diperoleh melalui
observasi dan wawancara. Selanjutnya data-data tersebit dianalisis. Data yang
diperoleh dan analisis berlangsungnya peran guru PAI dalam pembelajaran daring
di SMK Cut Nya’ Dien Semarang: (1) menggunakan media yang mendukung dalam
menyampaikan informasi komunikatif, (2) memberikan reward guna untuk
memotivasi semangat belajar peserta didik, (3) membimbing peserta didik dengan
cara mengingatkan dan menegur. Dengan upaya agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai untuk pendidik maupun peserta didik.
Kata kunci: Peran guru PAI, pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.