Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Memanfaatkan ICT pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SDN Sawah Besar 01 Semarang

Zulfah Rahmawati Putri, Sarjuni Sarjuni, Susiyanto Susiyanto

Abstract


Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) mengunakan pendekatan
kualitatif yang disajikan berupa kata-kata. Subyek yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Guru PAI di SDN Sawah Besar 01 Semarang. Pengambilan data
menggunakan triangulasi waktu adalah pengecekan data melalui teknik
pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Kemudian pada analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini
adalah; 1) kompetensi pedagogik guru PAI sesuai indikator berikut: pemahaman
wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik,
pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran,
evaluasi hasil belajar (EHB). 2) kompetensi pedagogik guru PAI dalam
memanfaatkan ICT (Information and Communication of Technology) pada
pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti memanfaatkan teknologi
secara baik dapat dilihat dari pengembangan pemilihan media pembelajaran dan
sumber belajar, dengan begitu guru menolong siswa dalam proses belajarnya yang
lebih aktif dan kreatif.
Kata Kunci : kompetensi pedagogik, ICT, pembelajaran pendidikan agama Islam
dan budi pekerti.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.