Efektivitas Pengguaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Pmahaman Konsep Siswa Kelas V Di SDN Karangtowo

Norma Shinta Andari Fitriani, Jupriyanto Jupriyanto, Rida Fironika Kusumadewi

Abstract


Abstrak
Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang diperlukan dalam literasi
matematika dalam ranah kognitif terdapat enam tingkatan kemampuan matematika
siswa yaitu Menyatakan ulang sebuah konsep, Mengaplikasikan objek-objek,
Memberikan contoh dan non contoh dari konsep, Menyajikan konsep, Menggunakan,
memanfaatkan, memilih prosedur atau operasi tertentu, dan Mengaplikasikan
konsep. Salah satu dari kemampuan matematika siswa secara umum dan khususnya
di SDN Karangtowo masih tergolong rendah saat adanya pembelajaran online.
Sehingga sangat diperlukan model pembelajaran online yang kreatif, inovatif, dan
menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi Quizizz sebagai
media pembelajaran online yang dapat meningkatkan pemahaman dan konsentrasi
peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
eksperimen dengan desain pre-eksperimental design. Sampel diambil menggunakan
sampel sistematis dari populasi sebanyak 76 dan diambil sebanyak 64 siswa. Tujuan
dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas penggunaan
aplikasi Quizizz dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep
siswa kelas V di SDN Karangtowo. Hasil uji normalitas data pada niliai pretest dan
posttest menunjukkan bahwa berdistribusi normal. Dilihat dari Lmaks pretest 0.107
dan posttest 0.108 yang nilainya Ë‚ dari Ltabel yaitu 0.110. Uji hipotesis berupa uji
t (paired sample t-test) menunjukkan bahwa terdapat efektivitas dilihat dari nilai
Lower dan Upper bernilai negatif yaitu untuk Lower sebesar -20.31032 dan Upper
sebesar -11.25218. Nilai Sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0.000 yang berarti Ë‚
0.05
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Aplikasi Quizizz


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.