Hubungan Antara Intensitas Melihat Tiktok Dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa

Luluk Fauziah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas melihat tiktok
dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Variabel tergantung dalam penelitian
ini adalah perilaku konsumtif, sedangkan variabel bebasnya adalah intensitas
melihat tiktok. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2017-2020
Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan sampel 250
mahasiswa melalui teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster
sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan korelasi product moment.
Penelitian ini menggunakan dua skala untuk penelitian, yaitu skala perilaku
konsumtif dan skala intensitas melihat tiktok. Skala perilaku konsumtif terdiri dari
23 aitem dengan realibilitas sebesar 0,872. Skala intensitas melihat tiktok terdiri
dari 22 aitem dengan realibilitas sebesar 0,897. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas melihat tiktok dengan
perilaku konsumtif pada mahasiswa dengan rxy = 0,528 dan Flinier = 95,665 dengan
taraf signifikansi p=0,000 (p>0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada
hubungan positif dan signifikan antara intensitas melihat tiktok dengan perilaku
konsumtif pada mahasiswa. Semakin tinggi intensitas melihat tiktok maka perilaku
konsumtif pada mahasiswa juga akan tinggi sebaliknya semakin rendah intensitas
melihat tiktok maka perilaku konsumtif pada mahasiswa juga akan rendah.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Intensitas Melihat Tiktok


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.