Analisis Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Siswa Dimasa Pandemi

Moh Iqbal Maulana, Kristina Evangelistia, Desita Nugraheni Fitriyanti, Melia Erba Robani

Abstract


Abstrak
Pembelajaran daring atau biasa disebut Pembelajaran Jarak jauh mulai diterapkan sejak adanya Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan-perubahan besar diseluruh aspek kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan. dengan adanya hal tersebut maka pemanfaatan teknologi harus bisa dikuasai oleh pendidik ataupun peserta didik. Teknologi berperan sebagai media dalam melakukan interaksi dalam pelaksanaan pembelajaran daring Selain itu teknologi juga berperan dalam memfasilitasi pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan secara tatap muka. sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti zoom,google classroom, google meet, dan sebagainya Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa dimasa pandemi. Penelitian yang kami lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, dan study literature. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring mengarahkan siswa untuk mampu memunculkan tanggung jawab dan otonomi dalam belajar, meningkatkan kemandirian siswa dan membantu siswa untuk tetap melakukan transfer ilmu. Dengan diperoleh dari hasil penelitian ini diharapkan penelitian lebih lanjut diperlukan suatu rancangan tentang teknologi pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk menangani permasalahan belajar siswa dimasa pandemi.
Kata Kunci : Teknologi,Daring, Siswa, Belajar, Pandemi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.