Implementasi Metode Muhaddatsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Futuhiyyah Kudu Semarang
Abstract
Abstrak
Sosok seorang guru sangat berpotensi dalam membimbing perkembangan softskill maupun hardskill siswa. Maka dengan demikian kreatifitas seorang guru sangat diperlukan meliputi penyelarasan metode yang akan digunakan beserta komponennya dengan materi yang akan diajarkan. Dengan begitu metode merupakan suatu persoalan yang di pilah-pilih dalam suatu materi pembelajaran dalam berbagai situasi. Tujuan pemilihan metode salah satunya ialah supaya siswa tidak bosan tetapi perhatian untuk belajar itu ada sehingga ada unsur semangat didalam pembelajaran tersebut. Perbincangan banyak orang yang mana mata pelajaran bahasa Arab itu sulit bahkan sukar. Oleh karena itu, sosok guru serta upayanya sangat dibutuhkan dalam menangani masalah tersebut. Upaya dalam persoalan tersebut yaitu melalui metode Muhaddatsah dengan harapan siswa dapat merasa senang dengan pelajaran bahasa Arab dan semangat dalam mempelajarinya hingga dapat menguasainya. Berdasarkan hal tersebut , penulis menguraikan tema tentang implementasi metode Muhaddatsah dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Permasalahan yang dirumuskan diantaranya yang pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang; yang kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang; yang ketiga, bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Bentuk hasil penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang telah dilakukan di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Hasil yang didapat, bahwa guru mapel bahasa Arab menggunakan metode Muhaddatsah dengan tujuan siswa semangat dalam pembelajaran sehingga menguasai materi yang akan disampaikan serta terkait pengembangan skillnya.
Kata Kunci: metode, pembelajaran, bahasa Arab, Muhaddatsah
Sosok seorang guru sangat berpotensi dalam membimbing perkembangan softskill maupun hardskill siswa. Maka dengan demikian kreatifitas seorang guru sangat diperlukan meliputi penyelarasan metode yang akan digunakan beserta komponennya dengan materi yang akan diajarkan. Dengan begitu metode merupakan suatu persoalan yang di pilah-pilih dalam suatu materi pembelajaran dalam berbagai situasi. Tujuan pemilihan metode salah satunya ialah supaya siswa tidak bosan tetapi perhatian untuk belajar itu ada sehingga ada unsur semangat didalam pembelajaran tersebut. Perbincangan banyak orang yang mana mata pelajaran bahasa Arab itu sulit bahkan sukar. Oleh karena itu, sosok guru serta upayanya sangat dibutuhkan dalam menangani masalah tersebut. Upaya dalam persoalan tersebut yaitu melalui metode Muhaddatsah dengan harapan siswa dapat merasa senang dengan pelajaran bahasa Arab dan semangat dalam mempelajarinya hingga dapat menguasainya. Berdasarkan hal tersebut , penulis menguraikan tema tentang implementasi metode Muhaddatsah dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Permasalahan yang dirumuskan diantaranya yang pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang; yang kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang; yang ketiga, bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Muhaddatsah di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Bentuk hasil penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang telah dilakukan di MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Hasil yang didapat, bahwa guru mapel bahasa Arab menggunakan metode Muhaddatsah dengan tujuan siswa semangat dalam pembelajaran sehingga menguasai materi yang akan disampaikan serta terkait pengembangan skillnya.
Kata Kunci: metode, pembelajaran, bahasa Arab, Muhaddatsah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.