Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Membentuk Generasi Muslim dalam Buku Lembaga Hidup Karya Buya Hamka

Ahmad Ulin Nuha, Toha Makhsun

Abstract


Abstrak
Pendidikan Islam adalah komponen yang paling penting dalam dunia pendidikan. Tidak hanya pengetahuan saja namun juga harus diimbangi dengan kekuatan spiritual keagamaan agar menjadi manusia yang seutuhnya (Insan Kamil) yang sesuai dengan norma Islam. Pendidikan sendiri tidak hanya didapatkan melalui sekolah formal saja, melainkan dari mana saja termasuk pendidikan dalam keluarga dan masyarakat sekitar. Salah satunya melalui buku Lembaga Hidup karya Prof. Dr. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Lembaga Hidup. 2) Membentuk kepribadian muslim menurut HAMKA dalam buku Lembaga Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di dalam buku Lembaga Hidup karya Buya Hamka terdapat : 1) nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Lembaga Hidup, yaitu nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan akhlak. 2) Membentuk kepribadian muslim menurut HAMKA dalam buku Lembaga Hidup, yaitu dengan memenuhi ragam kewajiban, kewajiban kepada Allah, kewajiban kepada masyarakat, kewajiban dalam keluarga, kewajiban menuntut ilmu
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Islam, Lembaga Hidup

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.