Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru PAI Terhadap Karakter Peserta Didik Di MA Al-Ghozali Demak

Kuni Amaliya, Ahmad Muflihin

Abstract


Abstrak
Pendidikan adalah jalan yang ditempuh untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Disamping itu, karakter juga akan didapatkan dalam pendidikan itu sendiri. Melihat bagaimana Indonesia masih sangat membutuhkan pendidikan untuk memperbaiki karakter bangsa agar menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk menjelaskan kompetensi sosial guru PAI di MA Al-Ghozali Demak; 2) Untuk menjelaskan kompetensi kepribadian guru PAI di MA Al-Ghozali Demak; 3) Untuk menjelaskan karakter peserta didik di MA Al-Ghozali Demak; 4) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial dan kepribadian guru PAI terhadap karakter peserta didik di MA Al-Ghozali Demak.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memaparkan secara teliti, runtut dan objektif dari indikasi dan sifat populasi tertentu serta mencoba memaparkan kejadian secara rinci. Penelitian ini telah menghasilkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment, dapat diketahui r0 = 0,813 sedangkan koefisien korelasi pada tabel rt = 0,227 pada taraf signifikan 5% yaitu r0 > rt. Sehingga hipotesis alternatif (H0) ditolak sedangkan hipotesis (Ha) diterima, artinya terdapat korelasi positif signifikan antara kompetensi sosial dan kepribadian guru PAI terhadap karakter peserta didik.
Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian Guru PAI, Karakter

Refbacks

  • There are currently no refbacks.