Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan Sistem Daring Di Kelas VI-C Sd Bustanu Usysyaqil Qur’an (BUQ) Betengan Demak
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring, efektivitas pembelajaran daring dari segi proses dan efektivitas pembelajaran daring dari segi hasil.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: faktor pendukung dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis bagi guru adalah hemat waktu,hemat biaya, adanya kerjasama yang baik antara peserta didik dengan orang tua,
dan adanya tambahan referensi internet, sedangkan bagi peserta didik faktor pendukung yaitu pembelajaran daring lebih efisien, tidak membosankan, dan lebih fleksibel. Selanjutnya terkait faktor penghambat, bagi guru yaitu kesulitan memahami psikologi peserta didik dan kesulitan mengontrol peserta didik, sedangkan bagi peserta didik faktor penghambat yaitu kesulitan saat mengakses Google Form bagi yang tinggal di pesantren, tugas lebih banyak, dan adanya ketergantungan dengan internet.
Kata Kunci : efektivitas, pembelajaran daring, mata pelajaran al-Qur’an Hadis.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring, efektivitas pembelajaran daring dari segi proses dan efektivitas pembelajaran daring dari segi hasil.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: faktor pendukung dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis bagi guru adalah hemat waktu,hemat biaya, adanya kerjasama yang baik antara peserta didik dengan orang tua,
dan adanya tambahan referensi internet, sedangkan bagi peserta didik faktor pendukung yaitu pembelajaran daring lebih efisien, tidak membosankan, dan lebih fleksibel. Selanjutnya terkait faktor penghambat, bagi guru yaitu kesulitan memahami psikologi peserta didik dan kesulitan mengontrol peserta didik, sedangkan bagi peserta didik faktor penghambat yaitu kesulitan saat mengakses Google Form bagi yang tinggal di pesantren, tugas lebih banyak, dan adanya ketergantungan dengan internet.
Kata Kunci : efektivitas, pembelajaran daring, mata pelajaran al-Qur’an Hadis.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.